Tips Melakukan Olahraga Penderita Diabetes Dengan Aman

Melakukan aktivitas olahraga penderita diabetes memang sangatlah penting. Karena selain dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, aktivitas olahraga yang dilakukan secara tepat dan rutin akan membantu mengontrol kadar glukosa di dalam darah dan juga membantu mengatasi penyakit diabetes melitus.

Namun demikian, penderita penyakit diabetes melitus juga perlu berhati-hati ketika melakukan aktivitas olahraga. Karena jika dilakukan secara sembarangan, olahraga justru dapat memicu masalah hipoglikemia. Oleh sebab itu, sebaiknya penderita diabetes melitus harus mengetahui mengenai bagaimana melakukan olahraga secara tepat.

Sudahkah anda mengetahui apa saja yang harus diperhatikan oleh penderita diabetes melitus ketika akan melakukan aktivitas olahraga? Jika anda belum mengetahui bagaimana cara melakukan aktivitas olahraga penderita diabetes secara aman, maka anda bisa membaca beberapa tips yang ada di sini.

Tips dan Panduan Olahraga Penderita Diabetes yang Benar dan Aman

Jika anda adalah penderita diabetes melitus dan anda ingin memulai rutin melakukan olahraga penderita diabetes, maka sebaiknya anda membaca terlebih dahulu beberapa tips yang ada di sini.

Olahraga Penderita DiabetesKarena tips yang kami sampaikan disini sangat bermanfaat untuk mencegah agar jangan sampai anda mengalami masalah hipoglikemia akibat terlalu memaksakan diri untuk melakukan olahraga.

Untuk memastikan anda tidak mengalami berbagai macam masalah ketika melakukan olahraga dan mendapatkan hasil yang optimal, maka ikutilah beberapa tips berikut ini:

 

  • Pastikan untuk melakukan olahraga dengan senang hati. Cukup banyak orang yang melakukan olahraga bukan karena kesadaran diri namun lebih banyak karena paksaan. Sebaiknya jangan melakukan olahraga hanya karena terpaksa. Karena hal tersebut tidak akan memberikan hasil optimal bagi anda.
  • Untuk mencegah berbagai macam masalah seperti hipoglikemia, sebaiknya penderita diabetes melitus tidak melakukan olahraga jika kadar glukosa kurang dari 100 mg/dl. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengukur kadar glukosa di dalam darah sebelum anda melakukan olahraga.
  • Penderita diabetes melitus juga sangat tidak disarankan untuk melakukan olahraga ketika kadar glukosa di dalam darah lebih dari 250 mg/dl untuk penderita DM tipe 2, dan lebih dari 200 mg/dl untuk penderita DM tipe 1.
  • Sebaiknya ketika melakukan olahraga, penderita diabetes melitus khususnya DM tipe 1, membawa bekal makanan berkarbohidrat seperti biskuit. Karena makanan ringan tersebut bisa menjadi pertolongan pertama jika anda sampai mengalami hipoglikemia.
  • Disaat melakukan olahraga penderita diabetes, sebaiknya mengenakan sepatu dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran kaki. Sepatu sebaiknya tidak kebesaran dan tidak kekecilan. Pastikan juga untuk mengenakan sepatu yang tidak keras.
  • Untuk berjaga-jaga dari masalah, sebaiknya penderita diabetes melitus tidak melakukan olahraga seorang diri. Akan lebih baik jika anda mengajak teman atau keluarga ketika melakukan olahraga.
  • Jangan pernah memaksakan diri untuk terus melakukan olahraga jika tubuh anda sudah mulai terasa kelelahan. Karena jika diteruskan, anda bisa saja mengalami hipoglikemia.
  • Untuk penderita diabetes melitus tipe 1, sebaiknya makan terlebih dahulu sebelum memulai aktivitas olahraga. Makanlah 2 hingga 3 jam sebelum anda memulai melakukan olahraga.

Jika anda melakukan olahraga penderita diabetes dengan menggunakan tips-tips tersebut, maka anda bisa memperkecil resiko mengalami hipoglikemia.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *