Bahaya merokok bagi orang yang ada disekitarnya

Bahaya merokok bagi orang yang ada disekitarnya – Seperti kita ketahui merokok adalah bagian dari salah satu kegiatan sehari-hari dari mayoritas masyarakat indonesia. Sebagian besar perokok tahu bahaya merokok, tetapi mereka tidak pernah mencoba untuk berhenti merokok. Indonesia telah mencapai tingkat yang memprihatinkan dalam konsumsi produk tembakau terutama rokok.

Data kementrian kesehatan menunjukkan prevalensi perokok dari 27% pada tahun 1995 meningkat menjadi 36.3% pada tahun 2013. Artinya jika 20 tahun yang lalu dari setiap 3 orang indonesia 1 orang diantaranya adalah perokok maka dewasa ini dari 3 orang indonesia maka 2 diantaranya adalah seorang perokok. Keadaan ini semakin memprihatinkan karena prevalensi perokok perempuan turut meningkat dari 4.2 % pada tahun 1995 menjadi 6.7% pada tahun 2013.

Bahaya merokok bagi orang yang ada disekitarnyaDengan demikian pada 20 tahun yang lalu, dari setiap 100 orang perempuan indonesia 4 orang diantaranya adalah seorang perokok. Maka dewasa ini dari setiap 100 orang perempuan indonesia 7 orang diantaranya adalah perokok. Lebih memprihatinkan lagi adalah kebiasaan buruk merokok juga meningkat pada generasi mudah. Data kemenkes menunjukkan bahwa prevalensi remaja usia 16 – 19 tahun yang merokok meningkat 3x lipat dari 7.1% pada tahun 1995 menjadi 20.5% pada tahun 2014. Dan yang lebih mengejutkan adalah usia mulai merokok semakin muda.

Perokok pemula usia 10-14 tahun meningkat lebih dari 100% dalam kurun waktu kurang dari 20 tahun. Yaitu dari 8.9% pada tahun 1995 menjadi 18% pada tahun 2013. Merokok merupakan akibat yang sangat besar bagi munculnya berbagai macam penyakit. Seorang perokok mempunyai resiko 2 sampai 4 kali lipat terserang penyakit jantung koroner dan memiliki resiko lebih tinggi terserang penyakit kanker paru, tbc, dan penyakit tidak menular lainnya.

Kebiasaan merokok akan berdampak lebih buruk lagi jika masyarakat kurang berolahraga serta makan makanan yang tidak seimbang dan tidak sehat. Dan juga mengkonsumsi akohol. Kebiasaan merokok mengakibatkan penurunan kesehatan yang berdampak pada penurunan kualitas anak-anak generasi yang baru dilahirkan. Penurunan generasi penerus bangsa berakibat pada kebodohan, kemiskinan yang berkelanjutan dari generasi ke generasi sepanjang sejarah. Karena itu kita sebagai generasi muda darus diyakinkan bahwa merokok adalah kebiasaan buruk dalam hidup kita. Mari serukan kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menghentikan kebiasaan merokok untuk masa depan bangsa indonesia.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *