Alternatif Pengobatan Maag Akut yang Bisa Anda Jadikan Pilihan

Pengobatan maag akut memang menjadi salah satu hal yang amat dicari banyak orang. Hal ini mengingat saat ini penderita untuk penyakit maag ini sangatlah banyak.

Sakit maag sendiri merupakan istilah yang biasa dipakai untuk menggambarkan betapa nyerinya yang dirasakan di sekitar lambung, usus halus hingga di kerongkongan lantaran beberapa kondisi.

Mengenal lebih dalam tentang penyakit maag

Sebutan lain untuk sakit maag ini yakni dyspepsia. Pada dasarnya maag bisa terjadi karena berbagai macam hal mulai dari luka terbuka di daerah lambung, infeksi bakteri hingga penggunaan obat yang memberikan efek samping demikian.

Mayoritas penyakit maag ini sebetulnya dapat diatasi meski tanpa harus konsultasi pada dokter. Tapi memang jika ingin lebih aman, pemeriksaan dokter tentunya harus dilakukan apalagi jika maag Anda sering kambuh, kerap muntah hingga menjadikan Anda turun berat badan.

Nantinya apabila sesudah diperiksa dan di tes oleh dokter lalu ternyata Anda memang terbukti memiliki sakit maag, maka dokter pun akan memberikan resep obat.

Berbagai macam pengobatan maag akut saat ini sudah banyak tersedia mulai dari obat dokter, obat alami dan masih banyak terapi lainnya.

Penderita sakit maag di Indonesia

Maag merupakan salah satu jenis penyakit yang amat umum ada di Indonesia. Berdasarkan data yang sudah ada dari pusat endoskopi yang ada di Indonesia, setidaknya ada 7000 kasus maag dimana 86,4% dari jumlah itu adalah dispepsia fungsional.

Kondisi maag tanpa diketahui penyebabnya inilah yang disebut dengan dispepsia fungsional. Lantaran sudah umum penyakit maag ini, maka tidak heran jika obat maag akut paling ampuh selalu dicari.

Alternatif pengobatan maag akut yang perlu Anda ketahui

Menderita penyakit maag memang seolah jadi penyakit yang amat umum. Namun ketika maag itu sedang kambuh, maka nyeri yang dirasakan akan sangat luar biasa.

Tak heran jika banyak sekali penderitanya seringkali terbatas aktivitasnya ketika maag terjadi. Selain itu, kepanikan pun bisa jadi menambah rasa nyeri tersebut sehingga maag akut bisa kian parah.

Bagi Anda yang seringkali kambuh, maka Anda pasti mencari obat maag akut paling mujarab untuk menangani masalah tersebut. Oleh karena itu berikut ini beberapa pilihan obat yang bisa dijadikan pilihan:

  • Antasida – yang pertama adalah antasida dimana obat ini bisa menetralkan asam yang ada di perut yang biasa menjadi pemicu rasa sakit. Antasida ini pun merupakan salah satu obat maag akut yang manjur dan sudah banyak tersedia di apotek. Meski begitu Anda harus waspada juga dengan efek yang bisa ditimbulkannya yakni diare atau justru konstipasi.
  • Antibiotik – beberapa obat antibiotik di pasaran misalnya amoxilin, klaritromisin dan lainnya juga bisa membunuh bakteri yang menjadi penyebab sakit maag ini. Umumnya antibiotik ini diminum di jangka waktu tertentu misalnya 10 sampai 14 hari.
  • Obat antagonis H2 reseptor – Contoh obat ini adalah ranitidin dimana mampu membantu untuk menurunkan produksi dari asam lambung.
  • PPI – mirip dengan obat antagonis H2 reseptor dimana tujuannya adalah bertujuan untuk mampu membantu menurunkan produksi dari asam lambung. Bisa dibilang jika obat ini justru lebih ampuh jika dibanding dengan obat antagonis H2 reseptor.

Pengobatan untuk maag jangka panjang

Untuk bisa mendapatkan pengobatan maag akut di jangka panjang, sebetulnya Anda juga harus bisa menyesuaikan diri. Anda harus bisa berjaga diri dan menghindarkan diri dari segala hal yang bisa memicu maag sehingga maag tidak kambuh dengan sering.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *